Cara Menampilkan Foto dI Arcgis Dengan Geotag




Setelah melakukan survey lapangan, kita memperoleh berbagai data, data tersebut bisa berupa deskripsi maupun foto. Informasi yang berbentuk deskripsi dapat kita tampilkan dalam tabel dan mengimpornya ke dalam format shapefile. data Foto pun demikian, kita juga bisa menampilkannya ke dalam ArcMap. Foto-foto tersebut tentunya foto yang memiliki koordinat yang secara otomatis diperoleh dengan menggunakan GPS navigasi yang memiliki kamera atau kamera yang memiliki GPS. Untuk melihat foto kita apakah sudah memiliki koordinat, caranya pilih foto yang kita akan cek, lalu klik kanan, pilih properties, lalu pilih tab details.


Tools GeoTagged Photos To Points telah tersedia pada ArcGis versi 10.1, tetapi kali ini saya akan menggunakan ArcGis 10.3.1. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

- Buka ArcMap, lalu kita akan membuat file geodatabase terbaru. Caranya klik ArcCatalog lalu pilih drive dimana kita akan menyimpan data *.gdb tersebut. Klik kanan pada drive penyimpanan yang dimaksud lalu pilih new, kemudian pilih file geodatabase, lalu diberi nama, misalnya geotag.

- Kumpulkan foto-foto tersebut ke dalam satu folder.
- Kemudian pilih ArcToolbox, pilih Data Management Tools -> Photos -> GeoTagged Photos To Points.
- Lalu arahkan ke folder foto tersebut, lalu klik Add. Untuk outputnya kita dapat memilih file geodatabase yang telah kita buat tadi (geotag.gdb). Centang Add Photos as Attachment untuk memasukkan foto tersebut ke dalam file geodatabase yang dibuat. Lalu klik OK


- Jika prosesnya telah selesai, titik-titik tersebut akan muncul di ArcMap, kemudian untuk menampilkan foto tersebut, klik tanda HTML Popup, lalu pilih titik yang akan ditampilkan


semoga sukses...terimakasih.










Belum ada Komentar untuk "Cara Menampilkan Foto dI Arcgis Dengan Geotag"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel