Peran GIS Dalam Perencanaan



GIS merupakan sistem komputer yang dirancang untuk menangkap, menyimpan, memanipulasi, menganalisis, mengelola, dan menyajikan berbagai data spasial dan geografis. Sistem komputer ini sangat penting terutama dalam hal perencanaan.

Saat ini telah digunakan di berbagai industri untuk membantu perencanaan dan pemantauan, antara lain yaitu : 

1. JaringanTelekomunikasi
GIS memainkan peran yang sangat penting dalam layanan telekomunikasi dan jaringan. Ini digunakan dalam merencanakan, mengumpulkan, menganalisis dan menyimpan desain jaringan yang kompleks yang dibutuhkan untuk menghasilkan arsitektur kerja di bidang telekomunikasi.

2. Perencanaan Kota
Perencanaan kota adalah salah satu kegunaan GIS yang paling penting dalam perencanaan. Hal ini dapat digunakan untuk menganalisis pertumbuhan perkotaan dan arah pengembangannya. Data ini kemudian dapat digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan daerah perkotaan dan membantu menghindari kekacauan yang mungkin disebabkan oleh kemacetan.

3. Perencanaan Transportasi
GIS juga sangat berguna di bidang transportasi. Hal ini dilakukan terutama di mana sarana transportasi baru perlu dikembangkan di dalam kota yang sudah padat. GIS bisa digunakan untuk memetakan area dimana fasilitas akan dibangun sehingga terhindar dari kemacetan.

4. Analisis Dampak Lingkungan
GIS memegang peranan penting dalam proses analisis dampak lingkungan. Setelah dianalisis, data di GIS kemudian dapat digunakan untuk menginformasikan kebijakan yang akan digunakan untuk merencanakan suatu area untuk mengurangi dampak manusia terhadap tanah yang menyebabkan kerusakan lingkungan.

5. Perencanaan Pertanian
GIS memegang peranan penting dalam perencanaan pertanian. GIS dapat digunakan untuk memberikan informasi yang dapat digunakan untuk merencanakan tanaman apa yang perlu ditanam di area peternakan mana yang bergantung pada struktur tanah dan komposisi tanah.

6. Perencanaan Penggunaan Lahan 
Perencanaan penggunaan lahan akan tergantung pada informasi yang diberikan oleh GIS dalam menentukan bagian lahan mana yang harus terkena penggunaan lahan. Ini menjadi lebih mudah untuk mengetahui tanaman apa yang akan tumbuh subur di bagian tanah mana dan ini membantu meningkatkan hasil panen.

7. Survei
GIS menyediakan informasi tentang lahan yang dapat digunakan selama survei tanah untuk menentukan luasnya lahan dan sifat tanah dan struktur tanah di dalam wilayah tersebut. Ini juga memainkan peran penting dalam menentukan apa gunanya lahan tersebut.

8. Pengembangan Masyarakat
GIS menyimpan data yang dapat relevan dalam pengembangan masyarakat. Data tersebut dapat memberikan wawasan yang dapat membantu menginformasikan perencanaan lahan masyarakat berdasarkan kebutuhan masyarakat.

9. Analisis Respons Peralatan Pemadam Kebakaran
GIS dapat digunakan untuk mengevaluasi sejauh mana masing-masing bagian jaringan jalan berasal dari pemadam kebakaran. Hal ini dapat berguna dalam mengevaluasi lokasi terbaik untuk pemadam kebakaran baru atau dalam menentukan seberapa baik layanan pemadam kebakaran mencakup area tertentu untuk peringkat asuransi.

10. Pelacakan dan Perencanaan Penggunaan Energi
GIS juga dapat digunakan untuk melacak penggunaan tenaga dan sumber energi lainnya untuk memastikan berapa banyak daya atau energi yang dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan kota atau negara tertentu.

11. Pemetaan dan Perencanaan Zona Kebakaran Hutan dan Lahan
GIS juga dapat menyediakan data yang dapat digunakan untuk memetakan zona yang rentan terhadap kebakaran hutan. Bila ini ditentukan, pengaturan sebelumnya dan langkah-langkah mitigasi kemudian dapat dilakukan untuk mengurangi dampak kebakaran hutan.

12. Perencanaan Kepadatan Lalu Lintas
GIS juga dapat memberikan informasi mengenai kepadatan lalu lintas suatu kota atau jalan yang ditentukan. Informasi ini kemudian dapat digunakan untuk merencanakan kota secara efektif dengan tujuan mengurangi lalu lintas sama sekali.

13. Perencanaan Pemanfaatan Ruang Angkasa
GIS sangat berperan dalam memberikan informasi pemanfaatan ruang. Ini juga membantu dalam merencanakan bagaimana bangunan dan fitur lainnya harus diposisikan yang menjaga kewarasan di daerah perkotaan.

14. Perencanaan Masyarakat Bencana dan Bisnis
GIS juga dapat menyediakan data tentang bencana di wilayah tertentu. Dengan informasi ini, orang dapat mengetahui daerah mana yang rentan terhadap bencana yang membantu mereka merencanakannya secara efektif.

15. Perencanaan Wilayah
GIS juga dapat menyediakan data penting yang dapat digunakan untuk perencanaan wilayah terutama dalam kasus dimana daerah yang berbeda perlu diletakkan di bawah kegunaan yang berbeda.


Sumber : www.grindgis.com


Belum ada Komentar untuk "Peran GIS Dalam Perencanaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel